Soal Dan Jawaban TEST
Pertanyaan
1. Jelaskan yang anda ketahui tentang komputer generasi
sebelum tahun 1940 ?
2. Peralatan apa saja yang menjadi dasar ide pembuatan
komputer?
3. Komponen elektronik apa saja yang menggantikan
komponen elektronik sesudah tahun 1940 ?
4. Sebutkan bagian dari peralatan yang termasuk process
device ?
5. sebutkan bagian dari input device dan output device ?
6. Buat gambar mainboard lengkap ?
Jawaban!
1.
Komputer
telah melalui berbagai generasi dari mulai generasi pertama, kedua, ketiga,
keempat, dan kelima sekarang ini yang sangat canggih mulai dari tablet, laptoo
dan lain-lain. Tetapi itu semua bermula dari beberapa penemuan alat-alat yang
akan menjadi cikal bakal lahirnya komputer. Barikut Sejarah Perkembangan
Komputer sebelum Tahun 1940 selengkapnya. Dahulu,
manusia menggunakan jari untuk mengenali dan menyebut nomor satu hingga
sepuluh. Setelah itu, manusia mengenal nomor-nomor yang lebih besar, tetapi
masih menggunakan digit-digit asas dari 0 hingga 9. Sistem bilangan ini disebut
bilangan perpuluhan atau desimal. Jari-jari digunakan untuk menambah dan
mengurangi bilangan. Penjumlahan dan pengurangan bilangan membantu dalam
perniagaan barter. Apabila perniagaan semakin berkembang, jari-jari tidak dapat
menampung keperluan pengiraan yang bertambah rumit. Perkembangan selanjutnya
adalah alat yang digunakan oleh ahli-ahli perniagaan dari negeri Cina, Turki,
dan Yunani. Mereka menggunakan abakus (sempoa) untuk melakukan operasi matematika
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Blaise Pascal mencipta mesin
hitung mekanika pertama pada tahun 1642. Mesin ini beroperasi dengan cara
menggerakkan gir-gir pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam
bidang matematika dan ilmu peluang. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan
oleh William Leibnitz. Pada tahun 1816, Charles Babbage membuat alat yang disebut
‘the difference engine’. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah persamaan
matematika seperti logaritma secara
mekanik dengan tepat hingga ketepatan dua puluh digit. Mesin ini menggunakan sebuah kartu untuk menyimpan hasil kerja, melakukan perhitungan secara otomatis, dan menghasilkan keluaran dalam bentuk cetakan di kertas. Konsep mesin Babbage mengejutkan ilmuwan pada masa itu kerena dianggap terlalu maju. Babbage kemudian membuatalat yang disebut ‘the analytical engine’. Kedua alat yang dibuat Babbage inilah yang menjadi cikal bakal komputer modern pada saat ini. Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang diidekan oleh Babbage, yaitu masukan memori (penyimpanan), pengolahan, dan keluaran.
mekanik dengan tepat hingga ketepatan dua puluh digit. Mesin ini menggunakan sebuah kartu untuk menyimpan hasil kerja, melakukan perhitungan secara otomatis, dan menghasilkan keluaran dalam bentuk cetakan di kertas. Konsep mesin Babbage mengejutkan ilmuwan pada masa itu kerena dianggap terlalu maju. Babbage kemudian membuatalat yang disebut ‘the analytical engine’. Kedua alat yang dibuat Babbage inilah yang menjadi cikal bakal komputer modern pada saat ini. Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang diidekan oleh Babbage, yaitu masukan memori (penyimpanan), pengolahan, dan keluaran.
2.
Dalam
definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang memproses informasi" atau
"sistem pengolah informasi."
3.
Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan
komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer.
Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Generasi ketiga
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Generasi keempat
Generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat
memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Generasi kelima
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Generasi kelima
4. Mendefinisikan komputer generasi
kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh
imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
4. 1.) Processor
Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan
bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat
dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4,
AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya
semakin baik fungsi komputer tersebut.
2.) Register
2.) Register
Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai
memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan
tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk
menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang
instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih
disimpan di memori utama.
3.) Cache memori
3.) Cache memori
Merupakan memori yang dapat meningkatkan
kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)
4.) ROM ( Read Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah
satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan
mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM
mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan
juga ke dalam RAM berupa instruksi atausyntax-syntax. Misalnya, untuk
melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau
harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati
listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam
ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena
hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari
ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh
karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak
dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM
yang dapat diprogram kembali yaitu PROM(Programmable Read Only
Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali
dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut
dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali
berulang-ulang.Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically
Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara
elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access Memory )
5.) RAM ( Random Access Memory )
Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut
kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat
sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang
berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan
telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau
harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati
listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang.
5.
A. input device
1. Joystick
dan Games Paddle
Alat ini biasanya digunakan pada permainan (games) komputer. Fungsi joystick hampir sama dengan games paddle, perbedaannya joystick berbentuk seperti tongkat sedangkan games paddle berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
2. Touchpad
Alat ini biasanya digunakan pada permainan (games) komputer. Fungsi joystick hampir sama dengan games paddle, perbedaannya joystick berbentuk seperti tongkat sedangkan games paddle berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
2. Touchpad
Touchpad adalah input
device yang biasa ditemukan pada laptop maupun notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Fungsi touchpad adalah sebagai
pengganti mouse. Selaintouchpad unit masukan yang
sejenis adalah pointing stick dan trackball.
3. Light pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendisain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
4. Barcode Reader
3. Light pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendisain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
4. Barcode Reader
Alat ini berfungsi adalah
untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau baris-baris tebal
vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini
biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini setiap kasir pasar swalayan atau supermarket di Indonesia
menggunakan barcode untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya.
5. Scanner
Scenner adalah sebuah alat yang berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya disimpan dalam harddisk.
6. Web Cam
Web cam adalah sebuah kamera video yang didisain untuk berhubungan dengan PC. Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat email atau untuk mentransisi gambar secara langsung di internet untuk keperluan video conferencing. Jadi webcam adalah kamera digital yang terhubung dengan komputer dan terhubung dengan halaman web.
7. Microphone
Dapat disingkat mic. Microphone adalah alat yang berfungsi mengubah suara menjadi sinyal listrik. Microphone dipakai pada banyak alat seperti telepon, tip recorder, alat bantu dengar dan penggudaraan radio dan televisi. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
8.Touch screen
Jika diterjemahkan berarti layar sentuh. Layar monitor yang bisa berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layarnya. Sensor yang terdapat pada touchscreen adalah berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap sentuhan pada media tersebut disebut juga dengan touch sensor.
b. output device
1. Speaker
Adalah perangkat output yang berfungsi menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik maupun suara dari komputer atau device lainnya. Speaker terhubung melalui sebuah kabel yang ditancapkan pada soundcard (perangkat pengolah suara).
2. Headphone
Headphone merupakan perangkat output yang hampir sama fungsinya dengan speaker yaitu, mengeluarkan suara namun dalam kapasitas lebih kecil di bandingkan dengan speaker.
3. Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter, tulisan, simbol, maupun gambar yang terlihat diatas kertas, hasil output ini juga sering disebut dengan hardcopy. Printer bisa dihubungkan dengan komputer melalui kabel serial RS232 untuk printer jenis lama atau USB untuk jenis-jenis printer terbaru. Dengan kemajuan teknologi sekarang, printer juga bisa digunakan melalui wireless (tanpa kabel).
4. Projector
Adalah perangkar output yang secara fungsi mirip dengan monitor tapi menghasilkan tampilan yang lebih besar. Cara kerja projector adalah memantullkan cahaya berupa objek tulisan maupun gambar yang dihasilkan dari proses komputer.
5. Plotter
Plotter adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda.
6. Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Fungsi modem yaitu, untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem yang merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi modem dapat menjadi saluran radio, oudio, percakapan telepon sampai streaming video.
6.
5. Scanner
Scenner adalah sebuah alat yang berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya disimpan dalam harddisk.
6. Web Cam
Web cam adalah sebuah kamera video yang didisain untuk berhubungan dengan PC. Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat email atau untuk mentransisi gambar secara langsung di internet untuk keperluan video conferencing. Jadi webcam adalah kamera digital yang terhubung dengan komputer dan terhubung dengan halaman web.
7. Microphone
Dapat disingkat mic. Microphone adalah alat yang berfungsi mengubah suara menjadi sinyal listrik. Microphone dipakai pada banyak alat seperti telepon, tip recorder, alat bantu dengar dan penggudaraan radio dan televisi. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
8.Touch screen
Jika diterjemahkan berarti layar sentuh. Layar monitor yang bisa berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layarnya. Sensor yang terdapat pada touchscreen adalah berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap sentuhan pada media tersebut disebut juga dengan touch sensor.
b. output device
1. Speaker
Adalah perangkat output yang berfungsi menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik maupun suara dari komputer atau device lainnya. Speaker terhubung melalui sebuah kabel yang ditancapkan pada soundcard (perangkat pengolah suara).
2. Headphone
Headphone merupakan perangkat output yang hampir sama fungsinya dengan speaker yaitu, mengeluarkan suara namun dalam kapasitas lebih kecil di bandingkan dengan speaker.
3. Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter, tulisan, simbol, maupun gambar yang terlihat diatas kertas, hasil output ini juga sering disebut dengan hardcopy. Printer bisa dihubungkan dengan komputer melalui kabel serial RS232 untuk printer jenis lama atau USB untuk jenis-jenis printer terbaru. Dengan kemajuan teknologi sekarang, printer juga bisa digunakan melalui wireless (tanpa kabel).
4. Projector
Adalah perangkar output yang secara fungsi mirip dengan monitor tapi menghasilkan tampilan yang lebih besar. Cara kerja projector adalah memantullkan cahaya berupa objek tulisan maupun gambar yang dihasilkan dari proses komputer.
5. Plotter
Plotter adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda.
6. Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Fungsi modem yaitu, untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem yang merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi modem dapat menjadi saluran radio, oudio, percakapan telepon sampai streaming video.
6.
Komentar
Posting Komentar